Amankah Mencuci Pakaian di Laundry saat adanya Virus Corona?

Updated: Apr 9



Halo Klino, tahukah Anda bahwa menurut badan kesehatan masyarakat Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus Corona bisa ditularkan melalui droplets (tetesan air) dari orang yang bersin atau batuk. Virus ini bisa menempel di benda dan dan permukaan dari berbagai jenis material selama berjam-jam, termasuk pula menempel pada pakaian.


Menurut Ketua Dekan di the School of Health Sciences and Practice di New York Medical College, Robert Amler, virus Corona bisa menempel pada material leather atau kulit, vinyl, polyester (spandex), bahkan katun sekalipun. Namun, masa ketahanan virus dalam pakaian berbeda-beda tergantung dari jenis materialnya.


Hal ini menimbulkan sedikit kepanikan di kalangan masyarakat. Terlebih lagi, bagi mereka yang terbiasa mencuci pakaian di laundry karena tidak memiliki mesin cuci di kosan atau apartemen.

Ya, mencuci baju di laundry dianggap sebagai salah satu solusi praktis bagi mereka yang disibukkan dengan kegiatannya. Apalagi, kini sudah banyak tempat laundry yang menawarkan laundry pakaian kiloan dengan harga yang lebih murah.


Lantas, amankah mencuci pakaian di laundry saat wabah virus Corona masih mewabah?


Dr. Janette Nesheiwat, seorang praktisi kesehatan yang berbasis di New York mengatakan bahwa mencuci baju di laundry masih bisa dilakukan asalkan kita tetap menjaga jarak dari orang di sekitar.


"Aman untuk menaruh pakaian di laundry dan mengenakan mesin cuci yang dipakai bersama. Virus dapat dimatikan dengan mencuci baju di suhu 26 derajat Celcius. Justru yang lebih menantang adalah melakukan social distancing dan tanpa sengaja bersentuhan dengan orang-orang yang ada di tempat laundry," tutur Dr. Janette seperti dilansir dari Huffington Post.


Bila perlu, pergilah ke laundry dengan menggunakan sarung tangan untuk membawa seluruh pakaian Anda. Sesampainya di rumah, jangan lupa langsung mencuci tangan dan usahakan untuk tidak menyentuh wajah ketika tangan dalam keadaan tidak steril.


Selain itu, pastikan bahwa tempat laundry yang Anda kunjungi juga memiliki hand sanitizer. Bila tidak ada, tak ada salahnya untuk membawa hand sanitizer kemana pun Anda pergi, kemudian dilanjutkan dengan mencuci tangan selama 30 detik ketika sudah sampai rumah.


"Partikel virus yang sangat kecil menjadi aktif ketika masuk ke mulut, hidung dan mata. Sehingga ketika Anda mengenakan sarung tangan, jangan langsung menyentuh wajah sebelum melepas sarung tangan dan mencuci tangan," tutupnya.




Source by https://today.line.me/id/pc/article/Amankah+Mencuci+Pakaian+di+Laundry+saat+Wabah+Virus+Corona-Znz25L


PT KliknKlin Digital Nusantara

MITRA

Gabung Mitra

Unduh Aplikasi Mitra KDN

Cara penggunaan Aplikasi Mitra KDN

Jl. Kemang Utara IX no 41, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12760

Kontak Kami

WA 0811 1566 664

Telp (021) 22717954

support@kliknklin.co

Unduh Aplikasi KliknKlin di

Empowered by PT KliknKlin Digital Nusantara © 2016 - 2019